Bukankah tulisanmu adalah apa yang kau lihat - baca dan amati?

Bukankah tulisanmu adalah apa yang kau lihat di setiap keliling dan sekitarmu? - baca di setiap lembar kertas dan layar digitalmu? dan amati di setiap kisah, kenangan, sentuhan pasanganmu?

Rabu, 03 September 2014

Menebak Arah Bola Barcelona 2014/2015

Fasilitas pelatihan sepak bola usia muda Barcelona atau biasa disebut dengan La Masia dan Barcelona sedang mengalami krisis. La Masia menjadi sorotan dunia sepak bola akibat sanksi FIFA. Barcelona dikenai sanksi setelah melanggar peraturan dengan membeli pemain asing di bawah usia 18 tahun. Komite menilai pembelian 10 pemain melalui program La Masia melanggar peraturan. Klub raksasa Spanyol itu dilarang melakukan transfer pemain selama 14 bulan setelah dinyatakan bersalah. Musim 2014/2015 menjadi awal berat bagi Barcelona dan pelatih baru Luis Enrique.

Beruntung bagi Barcelona larangan itu kini ditangguhkan sambil menunggu proses banding. Alhasil di jendela transfer musim ini, Barcelona seperti kalap berbelanja terlebih mereka baru saja kehilangan La Masia senior, Puyol, Fabregas dan Valdes. Bahkan hampir saja kehilangan Xavi. Terhitung 14 pemain terbuang demi menyambut musim baru dan sembilan pemain baru datang untuk membangun era Luis Enrique.

Sang mantan pelatih Barcelona B era Guardiola itu dituntut memangkan minimal satu gelar bagi klub asal Katalan musim ini. Setelah dua kiper, Valdes dan Pinto tidak diperpanjang kontrak oleh direksi, Barcelona sangat berfokus segera mencari pengganti. Alih alih membuat Oier sebagai pengganti, direksi malah mendatangkan kiper muda Jerman, Ter Stegen.

Kedatangan Ter Stegen adalah transfer tepat. Menjadi kiper utama Borussia Mönchengladbach di usia muda membuat Ter Stegen adalah sosok tepat untuk Barcelona. Begitu pula dengan Bravo dengan kecemerlangan di piala dunia dan di Real Sociedad, dan Masip di Barcelona B. Persaingan di tim utama kiper Barcelona akan sangat berat. Setidaknya Enrique harus bisa merotasi dan menempatkan sesuai dengan kompetisi—seperti musim-musim lalu—Valdes untuk La Liga sedangkan Pinto untuk Piala Raja.

Beralih ke lini pertahanan pasukan merah biru setelah putusan pensiun Puyol tentu tak berubah banyak dikarenakan Barcelona sudah biasa bermain tanpa Puyol lantaran cedera beruntun. Bartra yang semakin matang bisa menjadi andalan. Hanya saja dengan permainan bagus Mascherano sebagai gelandang bertahan di tim nasional Argentina akan membuat mantan pemain Liverpool ini kembali ke posisi asal dan dengan begitu masih ada bangku kosong di pertahanan tengah.
Sangat pantas Barcelona membeli sang raksasa Mathieu. Pemain Prancis memang biasa menjadi pemain opsional pengganti era, seperti Abidal, Thuram dan Henry yang dibeli Barcelona dengan usia tidak muda lagi. Harapan Pique untuk membalas dendam permainan buruk di musim lalu dan piala dunia pun harus dilakukan. Pertahanan Barcelona pasti akan lebih baik dari tahun.

Alba dan Adriano sungguh tidak tersentuh di pertahanan kiri. Pelarangan transfer selama dua musim pun membuat manajemen Barcelona tidak gusar, Grimaldo dari tim B sudah dinilai siap. Beda dengan kanan, Alves bertahan sedangkan Montoya terus berkembang membuat Enrique cukup pusing untuk merotasi pemain kanan ditambah Douglas (dagelan baru Barcelona datang)

Douglas datang Song pergi (konon tabu untuk satu klub memiliki dua dagelan). Keputusan membeli Douglas adalah satu langkah buruk. Mungkin perlu perbaikan bagi pencari bakat Barcelona di Brasil, karena Douglas pemain rata-rata biasa dan tak begitu diperlukan seperti hal Alex Song.

Beralih ke gelandang - di belakang ada Sergio dan Mascherano siap memotong serangan lawan. Xavi dinilai harus bertahan untuk mempersiapkan Sergi Roberto sebagai pengganti nomor punggung enam. Pembelian Rakitic dan pulang kampung Rafinha dinilai akan menjadi pemain kegemaran Enrique di lini tengah.

Lini depan - Kehadiran Suarez dan kepergian Alexis dan kawan-kawan winger muda La Masia membuat lini depan Barcelona cukup lapang untuk Enrique berkreasi dan merotasi. Empat Forward top di Barcelona memang akan merepotkan.

Menebak peta kekuatan Barcelona musim ini memang rumit, perubahan besar benar-benar terjadi di sana mengingat musim lalu mereka tak memenangkan satu pun gelar ditambah kasus penangguhan transfer. Paling tidak untuk kembali menjadi sorotan dunia, Enrique harus memenangkan kembali La Liga dan Liga Champions. Belum lagi bayang-bayang tikitaka (bahkan Pep pun membenci istilah ini) seperti harus disematkan untuk para penerus pelatih Barcelona. Sungguh pekerjaan berat bagi Lucho di musim ini, seberat hati saya untuk menerima Barcelona harus membeli Douglas ketimbang pemain Eropa bertahan kanan dengan umur 28 sampai 30 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Agata | WS
x x x x x x x.